Jenis-Jenis Membuat Gambar Kartun

By | September 5, 2019

Cartooning adalah alat ilustrasi yang efektif yang dapat dimanfaatkan oleh seniman desain Grafis
, juga perancang busana dalam merancang produk komunikasi visual seperti majalah, poster, papan iklan, dll.

Pada dasarnya ada lima jenis gambar kartun. Ini adalah kartun Gag, Kartun Komik, Animasi, Editorial, dan Ilustrasi. Masing-masing jenis memiliki kegunaan yang berbeda di bidang komunikasi visual.

  1. Gag kartun

contoh kartun

‘Gag’ secara harfiah berarti ‘lelucon’. Kartun gag biasanya kartun satu-panel yang digunakan untuk membuat kesenangan tentang orang-orang pada umumnya. Mereka menciptakan humor dengan menggunakan pernyataan berlebihan. Mereka digunakan sebagai sarana hiburan. Terkadang, mereka digunakan untuk menyoroti dan mengolok-olok kesalahan atau kesalahan manusia. Kartun-kartun itu dapat disertai dengan satu kalimat kalimat yang mungkin merupakan kata-kata yang diucapkan seorang tokoh.

 

2. Kartun komik strip

contoh kartun strip

Jenis kartun ini muncul sebagai fitur reguler dengan karakter yang dikenal atau mapan di surat kabar. Mereka digambarkan secara seri untuk mengilustrasikan atau menceritakan sebuah kisah. Setiap strip menyertakan serangkaian panel dengan kata-kata karakter yang terbungkus dalam balon. Mereka diterbitkan bersama dalam satu atau dua halaman.

 

3. Kartun animasi

contoh kartun animasi

Ini adalah kartun bergerak yang dibuat dengan komputer yang dibuat seolah-olah digambar tangan. Mereka dibuat secara seri untuk menciptakan ilusi gerakan dan tindakan. Mereka digunakan untuk sinematografi dan diproduksi di layar audio-video. Untuk membuat animasi, setiap gambar berturut-turut dalam panel dibuat sedikit berbeda dari yang pertama sebelum untuk menggambarkan gagasan gerakan.

 

4. Kartun editorial

contoh kartun editorial

Kartun jenis ini dibuat untuk publikasi surat kabar. Mereka muncul di halaman editorial sebagai gambar tunggal yang digunakan untuk menyoroti komentar editorial sebuah surat kabar. Mereka dapat muncul dengan atau tanpa teks. Banyak kartun editorial yang disebut karikatur mengolok-olok orang-orang terkenal seperti politisi, musisi, dll. Karikatur adalah gambar kartun seseorang yang melebih-lebihkan penampilan atau perilaku mereka dengan cara yang lucu untuk menciptakan kesenangan.

 

5. Ilustrasi kartun

contoh illustrasi

Kartun ilustrasi menggambarkan ide-ide spesifik secara langsung dan sederhana. Mereka membantu dalam menjelaskan cerita, alat bantu mengajar atau iklan. Mereka menjelaskan lebih lanjut teks yang menyertai mereka. Buku-buku yang digunakan di sekolah biasanya memiliki kartun ilustrasi yang membantu menjelaskan subjek atau konten. Kartun di bawah ini adalah ilustrasi kartun yang mengiklankan suatu produk.

 

Tingkatkan skill desain grafis mu, dengan 5 tips desain grafis hebat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *