Kesalahan Fatal Dalam Menggunakan Rumus VLOOKUP Excel, Pahami Ini!

By | September 10, 2019

Rumus Vlookup Excel yang mengalami eror #N/A, bisa jadi karena adanya kesalahan format penulisan seperti kelebihan spasi. Tak sedikit orang yang menggunakan rumus Vlookup excel untuk berbagai kepentingan, terutama dalam membuat laporan atau melakukan rekap data. Vlookup sendiri adalah suatu fungsi di excel yang digunakan untuk mengambil data dari suatu tabel referensi yang sudah disediakan. Pengambilan data tersebut berdasarkan nilai yang diinginkan dalam kolom tabel vertical.

Kesalahan Fatal Dalam Menggunakan Rumus VLOOKUP Excel, Pahami Ini

Kesalahan Fatal Dalam Menggunakan Rumus VLOOKUP Excel, Pahami Ini

Kolom tabel vertical adalah kolom data dengan header di bagian atas. Dalam pengambilan nilai menggunakan Vlookup ini kadang-kadang pengguna akan mendapatkan nilai #N/A, atau bahkan rumus tidak berfungsi. Nilai #N/A menunjukkan nilai yang dicari tidak ditemukan dari tabel referensi. Sedangkan jika rumus vlookup yang ditulis tidak berfungsi saat ditekan Enter, maka ada error atau kesalahan.

Sering mendapatkan masalah saat menggunakan rumus vlookup? Berikut ini Kami merangkum beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan vlookup. Mari simak.

Tidak Memberi Tanda $ Dalam Rumus Vlookup Excel

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pengguna yaitu lupa untuk memberi tanda absolute/ mutlak (tanda $) pada tabel informasi pembanding.

Pembuatan rumus vlookup tersebut pertama dilakukan di cell C7 dengan rumus =VLOOKUP(B7,A2:B4,2,0), kemudian rumus itu di-copy pada cell-cell dibawahnya (C8, C9 dan C10) dengan hasilnya nilai #N/A. Hal ini bisa terjadi karena rumus pada C7 langsung disalin ke kolom di bawahnya tanpa diberi tanda $. Sehingga semua referensi akan bergeser 1 baris ke bawahnya.

Misalnya pada rumus cell C8 yaitu =VLOOKUP(B8,A3:B5,2,0), maka item 1 tidak ditemukan di rentang sel A3:B5 yang mengakibatkan fungsi Vlookup mendapatkan nilai #N/A. Solusi kesalahan ini yaitu dengan mengunci tabel referensi menggunakan $ ketika melakukan copy formula agar cell tabel referensi tidak mengalami pergerseran. Solusinya menuliskan rumus =VLOOKUP(B7,$A$2:$B$4,2,0)

Terdapat Spasi pada lookup_value

Kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan yaitu salah satu atau lebih pada lookup_value yang dibandingkan terdapat spasi lebih dari jarak antar kata maupun di belakang string text. Karena perbedaan jumlah spasi dapat membuat data yang dibandingkan menjadi tidak sama persis atau tidak identik.

Preview rumus Vlookup Excel pada kolom C bisa dilihat di kolom D (data tersebut sama seperti pada pembahasan poin sebelumnya). Dalam contoh tersebut ada satu baris di cell C8 yang terjadi kesalahan ketika melakukan Vlookup. Apabila dilihat, formula yang digunakan pada cell C8 menghasilkan hasil data yang sama dengan cell C9, karena sama-sama mencari item 1 di tabel yang sama.

Untuk membantu mencari kesalahan tersebut, maka Anda bisa menggunakan fungs len pada excel. Dengan fungsi ini, maka kolom 6 mendapatkan hasil bahwa jumlah karakter di cell B8 dengan cell B9 ada perbedaan. Adanya perbedaan jumlah karakter yang dihasilkan di cell B8 dengan cell B9 bisa jadi karena cell B8 ada kelebihan spasi.

Terdapat Spasi di table_array

Kesalahan yang ketiga dalam penggunakan rumus Vlookup excel yaitu adanya spasi di table_array. Hampir sama seperti kesalahan pada poin yang sebelumnya, karena juga menyebabkan data Anda tidak ditemukan saat dipanggil. Solusi atas masalah tersebut yaitu sama seperti cara yang sebelumnya, yaitu dengan memanfaatkan fungsi len.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna fungsi Vlookup. Mungkin hal ini terlihat sangat sepele, akan tetapi kesalahan dalam penulisan rumus Vlookup excel tersebut bisa menyebabkan data tidak dapat ditemukan saat Anda mencari atau memanggil dari data referensi.

 

Summary
Kesalahan Fatal Dalam Menggunakan Rumus VLOOKUP Excel, Pahami Ini!
Article Name
Kesalahan Fatal Dalam Menggunakan Rumus VLOOKUP Excel, Pahami Ini!
Description
Rumus Vlookup Excel yang mengalami eror #N/A, bisa jadi karena adanya kesalahan format penulisan seperti kelebihan spasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *