Seperti Apakah Teks Eksplanasi Itu? Ini Jawabannya!

By | September 10, 2019

Apa sih yang dimaksud teks eksplanasi itu? Teks berbentuk eksplanasi ini bila dikatakan dalam bahasa Inggris disebut dengan explanatory text. Pengertian dari teks berbentuk eksplanasi adalah menjelaskan seputar proses atau tahapan tentang bagaimana dan mengapa sebuah fenomena/peristiwa bisa terjadi. Untuk fenomena yang bisa dijelaskan ada banyak.

Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi

Misalnya saja kejadian yang berkaitan dengan sosial, budaya, alam, dan ilmiah. Namun, ada juga pendapat lain yang menjelaskan bahwa definisi teks berbentuk eksplanasi adalah paragraf yang berisi tentang informasi seputar proses terjadinya sebuah fenomena. Entah itu fenomena ilmu pengetahuan, alam, dan kehidupan sosial budaya.

Jenis teks berbentuk eksplanasi ini kerap ditemukan pada buku geografi, sains, dan sejarah. Selain itu, jenis teks ini umumnya berkaitan tentang proses dan hubungan dari sebab akibat sebuah peristiwa. Dalam menulis teks berbentuk eksplanasi ini menjelaskan seputar hubungan sebab akibat sebuah peristiwa. Misalnya saja menjelaskan dampak global warming dan sejenisnya.

Ciri Khas Teks Berbentuk Eksplanasi

Teks eksplanasi ini mempunyai ciri khas tertentu yang membuatnya berbeda dengan jenis tulisan lainnya. Salah satu kharakteristik dari teks berbentuk eksplanasi adalah setiap informasi yang disampaikan selalu berdasarkan fakta. Jadi, semua isi teksnya itu berbentuk faktual tanpa ada tambahan bumbu berupa opini dari penulisnya.

Selain itu, topik yang disampaikan dalam teks ini biasanya berkaitan dengan fenomena ilmiah/ilmu pengetahuan. Untuk jenis teksnya sendiri bersifat informatif. Dimana didalamnya tidak berniat untuk mempengaruhi siapapun yang membaca teks tersebut agar percaya dengan pembahasannya. Untuk struktur teksnya ada 3. Yaitu, pernyataan umum, penjelas, dan kesimpulan.

Pernyataan umum disini menjelaskan tentang pembahasan topik kejadian yang sedang dibahas. Jadi, untuk pernyataan umum ini masih berupa pengenalan singkat dari kejadian tersebut. Sedangkan bagian penjelas berisi tentang segala informasi sebab akibat sebuah peristiwa yang sedang dibahas. Semuanya dibahas secara berurutan.

Sementara untuk kesimpulan disini disebut juga dengan interpretasi. Bagian yang satu ini adalah teks penutup. Jadi, hukumnya tidak wajib. Pada bagian ini, Anda diminta untuk menjelaskan tentang kesimpulan dan intisari dari pernyataan umum, beserta penjelasan topik yang sudah dibahas sebelumnya.

Macam-Macam Teks Eksplanasi

Macam-macam dari teks berbentuk eksplanasi ini ada banyak. Berdasarkan NWS Department School, setidaknya ada 4 jenis teks berbentuk eksplanasi. Hal ini telah disampaikannya dari tahun 2012 silam dari Department School and Education NWS. Dalam hal ini, didapatkan bahwa macam-macam eksplanasi ini adalah sequential, kausal, teoritis, dan faktorial.

Teks eksplanasi sequential merupakan jenis teks yang menerangkan tentang struktur tahapan sebuah fenomena. Misalnya saja, membicarakan tentang urutan dari siklus kehidupan terjadinya rantai makanan. Sedangkan jenis eksplanasi kausal, adalah bentuk teks yang menjelaskan seputar asal usul dan penyebab terjadinya sebuah perubahan secara bertahap.

Contoh jenis eksplanasi kausal adalah menerangkan terjadinya proses tanah longsor. Kemudian, ada eksplanasi teoritis. Ini adalah jenis eksplanasi yang menjelaskan tentang spekulasi terhadap kemungkinan yang bisa saja terjadi pada sebuah fenomena alam. Misalnya saja, seperti terjadinya letusan dari gunung merapi. Dimana kejadian ini bisa memicu hadirnya bencana alam yang lainnya.

Sedangkan yang terakhir adalah eksplanasi faktorial. Untuk jenis eksplanasi yang satu ini menjelaskan seputar efek dan hasil sebuah proses. Misalnya saja, dampak terjadinya proses kolonialisasi. Nah, itu tadi adalah serba-serbi dari teks berbentuk eksplanasi. Agar orang tahu bagaimana cara membuat teks eksplanasi ini berdasarkan jenisnya dan strukturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *